Kamis, 02 Juli 2009

MLM itu Penyakit yang Menular

Diposting oleh eny in bisnis di 06.49
Pertanyaan yang sering kita jumpai saat menjalankan bizniz ini..
Hal yang wajar, karena memang selama ini perusahaan MLM di Indonesia baik produk lokal dalam negeri maupun produk impor, sudah makin berkembang di Negara kita. Tapi seberapa jauh kita mengenal tentang MLM….kalimat yang kadang sudah membuat orang jengah mendengarnya….(karena Cuma mendengar, tanpa mau tahu system)..

Kalau boleh dibilang MLM itu adalah sebuah bisnis untuk orang yang suka dan punya jiwa “menolong”
Kenapa?
Disini ada istilah Upline dan downline, artinya tiap upline (atasan langsung) wajib membantu para downline di bawahnya agar bisa berkembang dan maju…atau mungkin bisa dikategorikan upline itu adalah supervisor, jadi dia bertanggung jawab penuh terhadap kemajuan downline.
Apapun segala pertanyaan mengenai bisnis yang sedang digeluti, baik mengenai product knowledge, system, ataupun segala hal, upline wajib memberi arahan dan memotivasinya. Bukankah menolong orang itu adalah bagian kecil dari sebuah ibadah?
So, kalau kita masih bersikap EGOIS dan serakah, jangan haraplah untuk mendapatkan posisi2 dilevel atas, karena sesungguhnya MLM itu adalah berbagi. Indah bukan?? To share for each other…
Jika diasumsikan bisnis ini seperti PIRAMIDA, makin banyak downline di bawah kita, makin banyak ilmu yang harus kita bagi ke mereka, calon leader2 yang tangguh, artinya makin banyak yang kita tolong, Insya Alloh nambah bekal buat “perjalanan pulang” ke akherat kelak.
Motivasi ini yang kadang hanya dianggap angin lalu oleh beberapa orang, karena kadang kita menjadi berpikir kembali setelah mendengarkan tentang motivasi. Ironisnya lagi masih banyak yang berpikir, CARA CEPAT MENJADI KAYA….Itupun sah-sah saja, karena memang dengan kita menjadi member di salah satu perusahaan MLM itu semua bisa terwujud.Tapi sesungguhnya tidak ada cara cepat menjadi kaya, SEMUA TETAP HARUS dengan EFFORT…usaha, bahkan oleh orang yang kita anggap sudah sukses sekalipun, mereka memulai dari O, dari titik terendah…
Artinya, kita tidak akan bisa mewujudkan impian kalo tidak dibarengi dengan usaha.

MLM sama dengan money game?
Pertanyaan wajar, karena saat ini banyak perusahaan yang mendompleng istilah MLM tapi tidak ada barang yang dijual, hanya dengan iming2 ANDA INGIN CEPAT KAYA ??? orang sudah banyak yang terkecoh, entah ini karena budaya bangsa kita yang terkenal pemalas…atau memang karena ketidaktahuan mereka. MLM adalah sebuah bisnis yang memang cara pendistribusian barangnya dengan cara merekrut orang,yang selanjutnya bisa disebut sebagai CONSULTAN INDEPENDENT. Di belahan Eropa dan Amerika sana, bisnis dengan cara seperti ini berkembang cukup pesat, karena banyak hal yang mempengaruhi. Kalau di Indonesia sendiri, perusahaan dengan cara pemasaran seperti ini sudah harus didaftarkan sebagai anggota APLI (asosiasi penjualan langsung Indonesia).Selama produk yang dijual ADA dan bermanfaat …kenapa masih ragu untuk mengikutinya?
Artinya, MLM adalah bisnis resmi dan halal….

Passive income itu menjadi hak siapa?
Anda tentunya sudah tahu ya, apa yang dimaksud dengan passive income?
Contoh riil saja, saat ini saya adalah karyawati di sebuah perusahaan…artinya saya mendapatkan upah atau imbalan atas kerja saya dalam sebulan sejumlah sekian rupiah, itu harus saya jalani selama sekian tahun, bekerja dari pagi sampai sore, dan apa yang saya dapatkan SELALU tetap…dari bulan januari sampai desember, dan kenaikan upah yang selalu kejar-kejaran dengan kebutuhan hidup di luar sana.
So, hasil yang saya dapatkan selalu sama dan harus bekerja sepanjang hari, tanpa ada kejelasan bagaimana jika kelak saya diberhentikan sewaktu2..? (Insya Alloh resign dengan cara terhormat ya…)
Tapi . bukan seperti itu yang dimaksud dengan PASSIVE INCOME,
Saya ingin di masa tua nanti, saya bisa menikmati bersama anak-anak dan suami, sebuah keinginan yang wajar bukan,?? dengan hasil yang semakin meningkat (ingat paramida tadi), tanpa saya harus bersusah payah kelak….jika saya masih mempertahankan pekerjaan saya, paling banter sampai usia pension rata2 55thn, waduhhhhh mata dah rabun liat berkas2 kertas, raga dah mulai merapuh…tapi tetap harus bekerja sepanjang hari, uang pension yang saya dapatkan (jika dapat )….kira2 gimana ya??
Saat ini saya sedang membayangkan dan selalu saya afirmasikan BAHAGIANYA JIKA USIAKU MENUA, melihat anak2ku tumbuh dan berkembang, tanpa harus bekerja keras sepanjang hari, tapi rekening tetap mengalir di setiap bulannya….
Kedengarannya menarik bukan?
Kenyataannya memang begitu, dengan ikut menjadi anggota, sebuah PAKET yang akan kita dapatkan, bekerja tanpa terikat jam kerja, bisa kapan saja, dengan siapa saja, kapanpun kita mau menjalaninya, dan hasil nyatanya selalu berkembang di setiap bulannya.
Nhaaa….itulah passive income
Siapa yang mau nolak….???

Antara gagal dan berhasil...
Banyak yang meremehkan dan memandang sebelah mata, itu karena rata2 bisnis ini hanya dibuat sampingan, istilahnya nambah penghasilan…padahal kalau kita mau terjun ke dalamnya,ini adalah bisnis dengan potensi yang cukup menjanjikan…..bagaimana tidak?
Contoh nyatanya, seperti di Oriflame ini kita gabung hanya dengan modal awal 40ribu saja…artinya orang nggak bakalan merasa “KEHILANGAN” toh Cuma segitu doang…..nggak pa-pa , nothing to lose….
Padahal di 3 bulan pertama, kita sudah disupport dengan diberi insentif berupa produk gratis hanya dengan memenuhi kualifikasi poin tertentu.

Kenapa gagal?
Kembali pada masing-masing orangnya dong….motivasi awal gabung di bisnis ini untuk apa? Hanya sekedar membuang uang? Coba-coba produknya dengan beli harga member? Kan lumayan untung tuchhh, ada selisih harga yang bisa didapat…..atau Cuma ikut2an teman…
Whatever alasan anda bergabung di bisnis MLM ini, motivasi terbesar hanya anda sendiri yang bisa mengetahuinya…tetap tidak ada kata terlambat untuk kembali bangkit.

Adakah contoh orang yang telah berhasil dengan bisnis MLM ini?
Kalo bisa saya sebutkan nama sudah banyak contoh rekan2 dari sesama network dbc yang dengan gagahnya dan rela berani resign dari pekerjaan offline-nya…atau ibu rumah tangga biasa yang telah sukses dengan penghasilan sekarang sudah 40 jutaan, 20 juta, 10juta…??
Mereka berhasil hanya dengan menduplikasi saja, karena barang yang kita jual SAMA, system yang kita pakai SAMA, trus apanya yang beda? MOTIVASI….thats all

So, untuk yang masih ragu dengan MLM …semoga sedikit wawasan ini bisa sekedar membantu membuka “hati” dan mindset…yang jelas halal kok…jadi jangan ragu untuk melangkah.
Ini bisnis beneran lhohhh…terima kasih untuk dBC yang sudah meng-online-kan oriflame, karena hanya dikau satu-satunya network dengan system yang aduhai dan sangat memanjakan membernya…..
Online-kan sajah…..…..begitu bunyinya….

Eny R Saputra
Markisah IV/24 -Solo

0 komentar:

Posting Komentar

 

Simplicity Bizniz Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting