Minggu, 14 Maret 2010

Membuat NetBook Jadi lebih Powerfull

Diposting oleh eny in bisnis di 06.24
Dominasi netbook dalam penjualan komputer beberapa kurun waktu terakhir terlihat sangat signifikan. Ultraportable komputer ini begitu menarik perhatian para pengguna komputer dan pecinta gadget.Bentuknya yang mungil, ringan dan hemat energi membuat pengguna netbook dapat membawanya kemanapun tanpa merasa terbebani. Kemampuan kerjanya yang sedikit di bawah laptop standar membuat harga netbook pun relatif lebih murah. Dengan investasi yang kecil, pemilik netbook sudah bisa melakukan pekerjaannya sambil bepergian dan tetap bisa berkomunikasi lewat internet sewaktu2. meski kemampuannya terbatas, performa netbook sebenarnya bisa dimaksimalkan. Dengan pemilihan program aplikasi yang sesuai, pengurangan pemakaian fituryang tak begitu dibutuhkan serta beberapa trik lain dapat membuat netbook menjadi perangkat mobile yang powerfull. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan u memaksimalkan kinerja netbook.
1. Upgrade memori (RAM) netbook ke kapasitas 2 GB. Peningkatan kapasitas RAM ini akan membuat kecpatan kerja netbook meningkat.
2.Uninstall atau hapus program2 versi trial yang biasanya merupakan program bawaan netbook.Program versi trial ini bisa mengacaukan drive bila tidak segera dihapus. Anda bisa menggunakan software tune up utilities untuk membantu Anda menggunakan program aplikasi secara teratur dan efisien.
3. Defrag hard disk secara berkala, agar kerja netbook lebih ringan dan semakin cepat.
4. Jangan melakukan upgrade Operating System kecuali benar2 diperlukan. Netbook didesain sbg ultra portable computer sehingga tidak dipersenjatai dengan processor tercepat.
5.Siapkan external optical dan external hard drive.Meski netbook sudah dilengkapi dgn hard drive yg cukup besar, pengguna netbook dapat menambahkan external hard drive jika diperlukan.
6. Pilih program aplikasi yang benar2 diperlukan saja. Netbook dirancang sebagai komputer kedua sehingga kemampuannya berada dibawah desktop PC.
7. Belilah tas laptopyang bagus. Umumnya dalam setiap pemebelian netbook, pembeli akan mendapatkan dompet netbook gratis.Namun dompet gratis ini biasanya tidak akan mampu menampung charger dan aksesoris lain yang Anda perlukan.
8. Sediakan batere yang kapasitasnya lebih besar atau batere cadangan. Anda tentunya tak ingin pekerjaan terganggu gara2 netbook mati kehabisan batere.Batere yang kapasitasnya besar akan membuat netbook bertahan lebih lama.
9. Non aktifkan perangkat saat tidak diperlukan, seperti Bluetooth, Firewire, dan WiFi, untuk menghemat dya batere.
10. Pilih tampilan menjadi klasik Windows. Animasi yang berlebihan dapat memperberat kinerja dari System.Klik kanan desktop, pilih Properties> Appearance> Windows clasisic style>OK.(XP)
11. Meski tak akan mampu memainkan 3D games terbaru,para gamer masih dapat membuat netbooknya menjadi game centre. Untuk memainkan game berbasis DOS, install DOSBOX application,sedangkan untuk memainkan 3D game, install aplikasi 3D analyze.
12. Netbook hanya memiliki layar monitor sebesar 7-10 inch. Cukup kecil. Pengguna netbook dapat mensettingnya ke monitor yang lebih besar. Ini akan membantu meringankan kerja mata terutama bila dipakai untuk jangka waktu yang agak lama.Bagi para gamer, layar yang lebih besar tentu lebih memuaskan.
13. Netbook dapat dijadikan portable multimedia player. Pengguna hanya cukup menginstall beberapa software yang tepat agar tidak memberatkan kerja sistem. Untuk memutar musik dianjurkan untuk menggunakan iTunes atau cukup Windows Media Player bawaan.Sedangkan untuk memainkan video gunakan KLite Codec Pack dengan Windows Media Player Classicnya.
14. Pasang Screen Protector. Bila sering digunakan diluar ruangan misalkan di Cafe atau di tempat terbuka lainnya sangat rentan terhadap debu. Pemasangan lapisan pelindung pada monitor netbook sangat berguna.Juga pertimbangkan untuk mencari pelindung pada keyboard yang saat ini mudah didapatkan.Pasang juga pelapis untuk touchpad supaya tidak mudah aus, sehingga dapat bertahan lama.
15 Untuk menjaga kesehatan batere, apabila terhubung dengan listrik untuk penggunaan yang lama lebih baik batere dilepas. Hal ini membantu menjaga umur batere.

solopos, Adventorial (jumat 12 Maret 2010)

semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengguna netbook seperti saya.

EnY R Saputra
markisah IV/24

0 komentar:

Posting Komentar

 

Simplicity Bizniz Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting