Rabu, 03 Februari 2010

Makanan Murah bergizi "WAH"

Diposting oleh eny in bisnis di 22.31
Tempe, makanan dari fermentasi kedelai ini, ternyata mengandung zat-zat penting untuk melawan penyakit, misalnya untuk penyakit jantung koroner. Dan, kandungan serat yang ada di dalamnya, mampu mengontrol hormon estrogen yang menghambat resiko kanker payudara. Selain itu, juga ,menghambat kanker prostat dan kanker kolon.Zat-zat penting yang terkandung di dalam tempe, antara lain protein, asam lemak tak jenuh ganda, serat, niasin, vitamin E, kalsium, dan isoflavin (anti oksidan)
Kedelai, seperti halnya jenis makanan dari biji-bijian, tidak begitu baik bagi penderita asam urat. Jika kedelai difermentasi, dapat menyebabkan asam urat semakin mengganda. Kesimpulannya, penderita asam urat sebaiknya menjauhi tempe. Tetapi, boleh menggantinya dengan makanan berbahan kedelai lain, yaitu tahu. Ataupun kalau sekali-kali ingin masakan dari tempe, pilihlah yang kondisinya masih bagus.
Jamur yang hidup di kedelai setelah difermentasi adalah jenis Rhizopus oligoporus atau Rhizopus orygae. Jika dalam fermentasi terkontaminasi unsur racun yang mengandung zat karsiogenik atau alfa toksin, maka menyebabkan ancaman kanker hati. Jadi pilihlah tempe yang masih bagus, putih bersih, dan tidak terasa asam.
Perlu hati-hati juga ketika mengonsumsi jajanan tempe goreng. Makan gorengan memang enak, tetapi jangan terlalu sering. Jajanan tempe goreng biasanya menggunakan minyak yang sudah berulang kali dipakai. Minyak yang sudah berulang, meskipun jernih, memiliki kolesterol dan zat radikal bebas yang ada di dalamnya. Dan, hal ini dapat memacu munculnya kanker bila mengonsumsi dalam jangka panjang.
Andapun bisa menguji apakah minyak yang digunakan masih baru, atau sudah berkali-kali dipakai. Caranya, perhatikan minyak saat masih membasahi jajanan tersbut, meskipun sudah dibungkus dengan kertas. Jika minyak membasahi hingga menetes di kertas, maka menunjukkan minyak yang dipakai sudah rusak.
Memasak tempe ada aturannya. Anda bisa terapkan tips mengolah tempe berikut ini:
~~ Menggoreng tempe tipis-tipis sampai kering crispy, hanya akan menghilangkan zat
yang berguna.
~~ Memasak tempe sebaiknya jangan terlalu kering, dan dengan potongan yang agak tebal
~~ Kedelai tidak mengandung omega 3, tetapi setelahmenjadi tempe, memiliki kandungan
omega 3.
~~ pakailah jelantah maksimal dua kali.


sumber :Indonesia Hospital, Mei 2003
(instalasi gizi Yarsis)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Simplicity Bizniz Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting